Uncategorized

Cara Mudah Mengajari Anak Puasa Sejak Dini

Berpuasa, baik itu di bulan Ramadhan ataupun sunah, merupakan salah satu perintah agama bagi umat muslim guna mengajarkan kita untuk bisa selalu menahan hawa nafsu sekaligus bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Aktivitas puasa itu sendiri sebaiknya dilakukan oleh orang yang telah baligh atau telah tergolong ‘dewasa’, namun tidak menutup kemungkinan anak kecil yang belum baligh sekalipun mulai diajarkan berpuasa sejak dini.

Bagi orang dewasa, berpuasa mungkin bukanlah suatu hal yang sulit, karena telah terbiasa, tetapi tidak bagi anak kecil yang masih dalam tahap belajar. Hal tersebut dikarenakan selain harus bangun tidur dini hari untuk menyantap sahur, orang yang berpuasa pun juga diharuskan untuk menahan lapar dan haus hingga adzan Magrib berkumandang, yang tentunya tidak ada di dalam kamus anak-anak.

Nah, jika kamu bingung bagaimana cara mengajari anak berpuasa sejak dini, yuk kita simak cara yang tepat agar bisa menanamkan arti puasa kepada anak-anak hingga mereka mau diajak untuk berpuasa.

1. Beri Anak Pengertian Mengenai Arti Puasa Dalam Ajaran Agama Islam

Sebelum mengajak anak untuk belajar berpuasa, ada baiknya bila tanamkan kepada mereka arti puasa yang sesungguhnya dari sudut pandang ajaran agama islam dan mengapa kita, sebagai umat islam, perlu menjalankannya setiap tahun. Dengan begitu, diharapkan anak dapat mengerti mengapa mereka harus ikut berpuasa.

2. Beri Contoh Namun Jangan Memaksa

Biasanya anak-anak akan meniru apa yang dilakukan oleh orang tua mereka, sehingga cara tepat untuk mengajari sang anak ialah dengan memberikan contoh, seperti ikut membangunkan mereka ketika bersantap sahur. Meskipun mereka menolah untuk ikut makan, setidaknya kita sudah memperkenalkan aktivitas sahur kepada mereka.

Nah, ketika anak tidak ingin ikut makan ketika sahur, jangan pula di paksa, karena hal tersebut justru akan meninggalkan memori buruk kepada ingatan sang anak. Beri mereka contoh, namun tunggulah sampai mereka ingin melakukannya atas keinginannya sendiri.

Selain itu, mengajarkan anak dengan memaksa untuk berpuasa di usia dini juga akan berpotensi dalam menimbulkan risiko kesehatan serius, karena anak masih membutuhkan asupan nutrisi di dalam tubuhnya.

3. Beri Hadiah

Biasanya, hadiah akan memberikan motivasi kepada siapapun dalam melakukan apapun. Orang dewasa saja akan termotivasi jika diberikan hadiah, apalagi anak-anak. Kamu bisa mengajarkan anak untuk melakukan puasa dengan memberikan mereka hadiah ketika waktunya berbuka. Hal tersebut dapat dijadikan sebagai apresiasi atas usaha mereka dalam menahan lapar dan haus seharian penuh.

Dengan begitu, mereka akan lebih rajin untuk kembali melakukan puasa di kemudian hari. Nah, pemberian hadiah ini bisa kalian hentikan bila sang anak sudah cukup umur untuk menjalankan puasa sesuai dengan ajaran agama.

4. Sesekali Mengajak Anak Ngabuburit dan Berbuka Puasa di Luar

Menjalankan puasa mulai dari subuh hingga magrib bukanlah suatu hal yang mudah bagi anak yang baru belajar, dan tentunya akan membosankan. Nah, kamu bisa mengajak mereka sesekali untuk menghabiskan waktu diluar rumah dan berbuka puasa di restoran favorite. Ajak mereka jalan ke mall, taman bermain, museum, perpustakaan, hingga mereka tidak sadar bahwa waktu berbuka sudah tiba.

Setelah bermain diluar seharian, kamu bisa mengajak mereka makan di restoran favorite. Biarkan sang anak memilih sendiri restoran dan menu yang ingin mereka makan. Selain itu, dengan mengajak anak makan di restoran, mereka juga akan melihat teman sebaya mereka yang turut berbuka puasa, sehingga mereka akan lebih termotivasi.

Selama mengajari anak berpuasa, kamu juga bisa lho memanfaatkan aneka promo menarik dari kartu kredit sambil seru-seruan bersama anak. Selama bulan Ramadhan seperti ini, biasanya ada banyak sekali tempat-tempat hiburan dan restoran yang memberikan potongan harga bagi pemegang kartu kredit.

Nah, bagi kamu yang belum punya kartu kredit, yuk ajukan saja di CekAja.com. Proses cepat dan mudah dengan menawarkan aneka fasilitas menarik yang bisa kamu nikmati bersama keluarga.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi https://www.cekaja.com/kartu-kredit/ 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *