cara jitu mengajak anak puasa
Kartu Kredit

Intip 6 Tips Menahan Diri dari Makanan Saat Mengajak Anak Puasa

Meski bulan ramadan 1440 H sebentar lagi akan berakhir, namun niat berpuasa kita harus tetap penuh ya, terutama saat mengajak anak puasa. Karena, berpuasa sebulan penuh bisa memberikan manfaat kesehatan luar biasa dan juga sebagai ladang pahala. Meski masih anak-anak, orangtua juga harus mengajarkan anaknya arti puasa bahkan sampai satu bulan penuh.

Namun, memang menahan diri saat puasa adalah hal yang sangat sulit, terlebih jika melihat makanan. Mencium aromanya saja, sudah bikin kepikiran, apalagi anak-anak yang sedikit-sedikit minta berbuka. Nah, dalam situasi tergoda dan sulit mengendalikan diri seperti itu, ada baiknya Anda lakukan tips berikut agara puasa Anda dan anak tercinta bisa lancar sampai waktu magrib dan sebulan penuh. Berikut rangkumannya:

1. Jangan makan berlebihan

Ketika berpuasa, pasti perasaan sangat lapar pun sering menghampiri, dan ketika berbuka sering kali kita berlebihan dalam menyantap makanan, sehingga kita tidak mementingkan makanan yang sehat atau tidak.

Bahkan, saking lahapnya, perut sampai begah dan sulit melakukan aktifitas. Nah, ada baiknya Anda tetap membuat pilihan untuk makanan yang akan disantap pada saat berbuka. Sehingga Anda dan anak juga bisa mengendalikan diri dengan baik.

Baca Juga: Untung Besar dengan Memanfaatkan Promo dan Cashback Kartu Kredit BRI

2. Menahan Diri

Sama seperti di atas, saat berbuka Anda juga harus tetap bisa mengendalikan diri terhadap makanan. Anda perlu menahan diri dari dalam diri Anda, jangan sampai Anda lepas kendali dan langsung menyantap makanan besar dan melewatkan makanan ringan terlebih dahulu.

Karena, jika Anda tidak menjaga nafsu Anda saat makan dan berbuka, maka bisa menyebabkan beberapa hal negatif. Maka, jika Anda tidak ingin mengalami hal negatif, cobalah cara berbuka dengan mengikuti sunah Rasul, yakni hanya dengan air putih dan tiga buah kurma.

3. Buat pilihan makanan yang sehat

Selapar apapun perutmu saat berpuasa, pasti disaat waktu berbuka tiba, perut Anda tetap tidak bisa menampung makanan banyak sekaligus. Dan akan lebih baik jika Anda membuat pilihan makanan sehat yang memenuhi semua kandungan, seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan serat yang pas.

Dengan Anda mengonsumsi makanan sehat saat berbuka, Anda akan merasa kenyang lebih lama.

5. Lakukan olahraga ringan

Meskipun sedang berpuasa, berolahraga ternyata bisa tetap dilakukan loh. Anda bisa tetap hidup sehat meski rasa lapar dan haus terus menghantui. Anda bisa melakukan gerakan olahraga yang ringan, sekitar 30 menit. Hal ini juga bisa membantu Anda menstabilkan berat badan Anda saat bulan ramadan.

6. Jangan lewatkan sahur

Tidak melakukan sahur bisa membuat Anda merasa lapar lebih cepat ketimbang Anda makan sahur. Tidak hanya itu, melewatkan sahur juga akan merusak harimu, karena kondisi tubuhmu tidak menyimpan banyak tenaga dan pastinya lebih cepat dehidrasi.

Jika, Anda mengingankan makanan sahur yang praktis namun tetap sehat, Anda bisa mengonsumsi smoothies dengan bahan dasar pisang san susu untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan penuh energi. Hindari makan makanan asin dan berlemak tinggi, karena makanan tersebut akan membuat Anda lebih haus dan merasa tidak nyaman sepanjang hari.

Nah, untuk Anda yang baru mau mengajak Anak Anda belajar puasa, pastinya harus dengan kiat-kiat khusus, beserta arti puasa itu sendiri agar sang anak bisa mengerti. Bagaiman acaranya? Anda bisa simak tips di link artikel berikut ini: https://www.cekaja.com/info/cara-mudah-mengajak-anak-berpuasa-pertama-kali/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *