Berikut Ini Jenis Kartu Kredit Bank BRI Berserta Promo Masing-masing
Kartu Kredit

Ketentuan Suku Bunga Kartu Kredit Bank BRI

Bank Rakyat Indonesia merupakan salah satu perusahaan BUMN yang menawarkan jasa dan berbagai produk keuangan. Salah satunya adalah menerbitkan beberapa jenis kartu kredit. Suku bunga kartu kredit Bank BRI ditetapkan mengikuti aturan dari Bank Indonesia yang disesuaikan oleh BRI. Seperti bank pada umumnya, suku bunga kartu kredit adalah sekitar 2,25%. Bank BRI menetapkan bunga yang dikenakan untuk beberapa alasan berikut.

Alasan Nasabah Dikenai Bunga

Banyak nasabah yang tertarik membuat kartu kredit BRI karena bunga yang ringan. Bunga sendiri akan diberikan untuk pemegang kartu kredit dengan beberapa kondisi berikut.

1. Melakukan pembelanjaan (retail)

Kartu kredit dengan suku bunga yang rendah memang menjadi salah satu hal yang menarik. Selain itu, kartu kredit juga menawarkan banyak promo di berbagai merchant. Tidak heran jika sekarang banyak nasabah yang menggunakan kartu kredit untuk melakukan transaksi pembelanjaan atau retail. Transaksi tersebut akan dikenai bunga yang akan ditambahkan pada tagihan berikutnya, apabila nasabah tidak membayar seluruh hutang pada tanggal jatuh tempo. Bunga kartu kredit akan ditagih setiap bulan dengan berdasar pada saldo harian sejak tanggal transaksi. Besarnya suku bunga yang ditetapkan dapat dilihat di lembar penagihan yang akan diterima nasabah setiap bulan.

2. Transaksi penarikan uang tunai

Apabila melakukan transaksi penarikan uang tunai menggunakan kartu kredit, maka akan dikenai bunga. Untuk bunga penarikan uang tunai diberlakukan sejak tanggal transaksi penarikan uang tunai. Suku bunga yang diberikan akan diinformasikan melalui lembar penagihan yang setiap bulan akan diterima oleh pemegang kartu kredit. Pemegang kartu kredit dapat melakukan tarik tunai di ATM berlogo MasterCard atau Visa dengan limit tarik tunai sebesar 40% dari limit kartu kredit.

3. Terlambat melakukan pembayaran

Suku bunga kartu kredit Bank BRI akan muncul apabila nasabah terlambat dalam membayar tagihan kartu kredit. Keterlambatan ini sebaiknya dihindari karena dapat menimbulkan banyak komponen biaya seperti denda dan bunga. Pengguna kartu kredit BRI sebaiknya bisa disiplin dalam membayar tagihan kartu kredit. Lebih baik lagi jika membayar sebelum jatuh tempo agar tidak tergesa-gesa. Biaya keterlambatan pembayaran tagihan kartu kredit adalah 3% dari saldo transaksi bulan sebelumnya atau maksimal biaya keterlambatan adalah 150 ribu.

4. Overlimit

Overlimit merupakan istilah yang digunakan saat penggunaan kartu kredit sudah lebih besar atau melebihi limit yang ditetapkan. Overlimit tidak dihitung dari jumlah transaksi saja, tetapi dari semua sisa saldo tagihan terhutang ditambah dengan transaksi bulan sebelumnya. Ada biaya yang dikenakan untuk setiap penggunaan kartu kredit BRI yang mengalami overlimit. Besarnya biaya bunga yang dikenakan untuk overlimit berbeda-beda, tergantung jenis kartu kredit BRI yang digunakan. Biaya overlimit untuk BRI Easy Card dan BRI Touch adalah 50 ribu. Biaya yang dikenakan untuk overlimit kartu BRI Platinum, BRI Business Card dan BRI Wonderful Indonesia adalah 125 ribu. Sedangkan overlimit untuk BRI JCB Platinum dikenai biaya sebesar 150 ribu. Pemegang BRI World Access yang mengalami overlimit juga akan dikenai biaya 200 ribu. Bagi pemegang kartu kredit BRI dapat melakukan penambahan limit dengan biaya kenaikan limit tertentu.

Demikian beberapa informasi terkait dengan suku bunga kartu kredit Bank BRI yang sudah ditetapkan. Suku bunga kartu kredit di semua bank tentunya akan mengacu pada surat edaran yang diterbitkan oleh Bank Indonesia. Perubahan suku bunga biasanya akan diinformasikan oleh masing-masing bank. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa langsung mengunjungi https://www.cekaja.com/banks/bri/kartu-kredit .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *