Cara Aktivasi Kartu Kredit Permata Bank Mudah dan Gratis Melalui Mobile Banking
Kartu Kredit

Langkah Penyelesaian Kartu Kredit Macet Bank Mandiri

Keberadaan kartu kredit memang memberikan banyak kemudahan bagi pemiliknya untuk melakukan berbagai transaksi pembelian dan pembayaran. Akan tetapi di balik kemudahan yang dapat dirasakan oleh pemiliknya ini ternyata ada pula sisi negatif yang menyertainya. Kemudahan pembayaran dengan kartu kredit tak jarang menyebabkan pemiliknya menjadi lupa diri dan tejerumus dalam gaya hidup konsumtif. Hasrat untuk membeli berbagai macam barang dengan sistem cicilan ini bukan tidak mungkin membuat tagihan kartu kredit semakin membengkak yang berakibat pada kredit macet.

Solusi Mengatasi Kartu Kredit Macet Bank Mandiri

Kredit macet ini bisa terjadi  ketika nasabah kartu kredit tidak sanggup membayar cicilan kartu kredit yang ditanggungkan kepadanya. Jika hal ini sudah terjadi maka pihak bank dapat mengirimkan debt collector sebagai salah satu cara dalam menghadapi kartu kredit macet ini. Pihak bank tentunya akan dirugikan dengan adanya pembayaran kartu kredit yang macet,oleh karena itu ada mekanisme penyelesaian kartu kredit macet yang dilakukan oleh bank, salah satunya oleh bank Mandiri. Langkah penyelesaian masalah kartu kredit macet bank Mandiri dan bank-bank lainnya secara umum terdiri atas 3 langkah utama yaitu:

1. Reschedulling

Reschedulling atau penjadwalan kembali yang dimaksud ini merupakan langkah penjadwalan ulang terhadap jangka waktu pembayaran yang ditawarkan kepada nasabah dengan kartu kredit macet. Penjadwalan ulang ini dilakukan untuk memberikan waktu yang sekiranya cukup bagi nasabah untuk mencari sumber dana guna melunasi kredit yang macet tersebut. Diharapkan sampai jangka waktu penjadwalan ulang ini  jatuh tempo kredit yang macet dapat teratasi dengan baik. Namun jika langkah reschedule ini belum berhasil maka dapat dilanjutkan dengan langkah berikutnya yaitu Reconditioning.

2. Reconditioning

Reconditioning ini diambil dari kata condition yang berarti syarat, sehingga makna dari istilah ini adalah persyaratan ulang. Maksudnya dilakukan perubahan terhadap syarat dan ketentuan yang sudah berlaku sebelumnya dengan tujuan untuk memudahkan nasabah dalam sistem pelunasan sehingga kredit yang macet dapat terselesaikan.

Syarat dan ketentuan yang dapat diatur ulang dalam hal ini diantaranya meliputi jadwal pembayaran cicilan, besaran nominal bunga angsuran kartu kredit, lamanya jangka waktu pelunasan dan syarat serta ketentuan lain yang terkait. Diharapkan aturan yang disesuaikan ini dapat semakin melonggarkan nasabah untuk melunasi semua cicilan kredit yang sempat terhenti. Jika cara kedua ini masih belum dapat mengurai benang kusut masalah kartu kredit macet maka perlu diambil langkah selanjutnya yaitu Reconstructing.

3. Reconstructing

Tahap ini artinya adalah tahap penataan ulang. Tahap ini merupakan langkah terakhir dan dianggap paling ampuh dalam mengatasi masalah macetnya cicilan kartu kredit. Pada tahap ini dilakukan penataan ulang terhadap perjanjian dari kartu kredit yang sudah dibuat di awal. Pada tahap ini nasabah benar-benar diberikan kondisi supaya dapat melakukan pembayaran cicilan yang tertunda dan menyelesaikan masalah macetnya kartu kredit.

Pada tahap ini dilakukan penataan ulang terhadap berbagai hal seperti suku bunga yang dikurangi, sanksi denda yang dikurangi, pemberian tambahan waktu pelunasan angsuran dan lain-lain. Hingga tahap ini pihak bank masing menawarkan solusi yang meringankan pihak pemilik kartu kredit. Pihak bank masih mengusahakan supaya nasabah bisa menyelesaikan kewajiban pembayarannya dengan lebih ringan. Masalah kredit macet ini bisa menjadi serius jika tidak segera ditangani dengan tepat. Oleh karena itu bagi nasabah Bank Mandiri contohnya bisa langsung datang dan berkonsultasi langsung pada pihak bank untuk mencari solusi terbaik atas permasalahan kartu kredit macet Bank Mandiri ini. Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa langsung mengunjungi https://www.cekaja.com/banks/mandiri/kartu-kredit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *